I Am Me, This Is My Story: REVIEW : PERBANDINGAN ROUTER LINUX SLACKWARE DAN MIKROTIK (WIRELESS)

REVIEW : PERBANDINGAN ROUTER LINUX SLACKWARE DAN MIKROTIK (WIRELESS)

ABSTRAK

Pemanfaatan router Open Source sebagai router yang murah, handal dan tepat guna dapat dikonfigurasikan berdasarkan tingkat kebutuhan tanpa mempengaruhi efektifitas dan kegunaanya merupakan salah satu alternative yang dapat mengurangi biaya operasional dalm pembelian software, selain itu dapat juga menggunakan PC lama menjadi router yang mampu bersaing dengan router komersial lainnya. Pada dasarnya perbandiangan kedua router tersebut menunjukan jumlah hasil tingkat kecepatan downstream dan upstream yang berbeda satu sama lain. Pada Router Slackware lebih cepat bila dibandingkan dengan Router Mikrotik hal ini dibuktikan dengan hasil speed test dari sisi client yang telah ditest ke link internasional, kemudian dengan speedtest link IIX (local) dalam jaringan sesama provider kemudian speedtest ke server lain lintas provider menunjukkan tingkat hasil yang berbeda.

Kata kunci : router, router linux, router slackware, router mikrotik, mikrotik 

PENDAHULUAN

Pada dasarnya  pemanfaatan teknologi informasi terutama jaringan internet sangat mutlak dibutuhkan.  Oleh sebab itu pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan peningkatan penggunaannya sangat diperlukan untuk terus meningkatkan daya saing bisnis dan ekonomi secara berkelajutan.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu terobosan baru untuk dapat memperluas jaringan internet yang murah, mudah efiktif dan efisien. Seiring dengan perkembangan jaringan yang semakin pesat, maka perlu adanya manajemen yang baik terhadap infrastruktur jaringan tersebut agar dapat dimanfaatkan dan berjalan dengan maksimal.

Pemanfaatan router Open Source sebagai router yang murah, handal dan tepat guna dapat dikonfigurasikan berdasarkan tingkat kebutuhan tanpa mempengaruhi efektifitas dan kegunaanya merupakan salah satu alternative yang dapat mengurangi biaya operasional dalm pembelian software, selain itu dapat juga menggunakan PC lama menjadi router yang mampu bersaing dengan router komersial lainnya.

Permasalahan yang timbul dari paparan tersebut adalah bagaimana menganalisa perbandingan router Linux Slackware dengan router MikroTik RouterOSTM dari penggunaan bandwith 2556 Kpbs.

ROUTER

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang dikhususkan untuk meneruskan paket data antar jaringan komputer. Router bekerja di layer 3 OSI. Router digunakan untuk menyambungkan jaringan WAN. Karena WAN bekerja di layer 1, 2, dan 3 OSI maka router yang digunakan harus saling mendukung. Ada 2 jenis router, yaitu router dedicated dan router PC.


LINUX SLACKWARE

Istilah Linux atau GNU/Linux digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux yang berisi program pendukung sistem operasi sepert server web, bahasa pemrograman, basis data, tampilan desktop dan aplikasi perkantoran. Linux mendukung banyak perangkat keras komputer dan telah digunakan di berbagai peralatan. Kelebihan Linux adalah vendor independence biaya operasional yang rendah dan kompatibilitas tinggi dibandingkan versi UNIX proprietari serta faktor keamanan dan kestabilan yang lebih baik dar Microsoft Windows. Hal tersebut menjadi bukti keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

Salah satu distribusi dari Linux adalah Linux Slackware. Slackware adalah distribusi linux yang paling awal dan paling tua, Slackware diciptakan oleh Patrick Volkerding. Hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal terpenting dari Slackware adalah isinya (kernel, library dan aplikasi) yang sudah teruji. Slackware menganjurkan untuk menginstal dari source sehingga setiap program yang diinstal teroptimasi dengan sistem, hal ini menjadi penyebab Slackware tidak mau menggunakan binary RPM dan tetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti distro lainnya sampai Slackware 4.0.

MIKROTIK ROUTER OS™

MikroTIK RouterOS™ adalah sistem operasi dari MikroTik RouterBOARD. MikroTIK RouterOS™ juga dapat diinstal pada PC dan akan mengubahnya menjadi sebuah router dengan semua fitur yang diperlukan (routing, firewall, manajemen bandwidth, titik akses nirkabel, tautan backhaul, hotspot gateway, server VP, dll). Fungsi MikroTik diantaranya manajemen manajemen, firewall, wireless access point (Wi-Fi), backhaul link, sistem hotspot, Virtual Private Netword (VPN) server, Penanganan Protocol TCP/IP, dan Layer Dua Konektivitas.

PERBANDINGAN ROUTER LINUX SLACWARE DENGAN MIKROTIK DARI PENGGUNAAN BANDWITH 256 KBPS PADA SAAT DOWNSTREAM DAN UPSTREAM

Dalam hal ini, pengujian speedtest dilakukan dengan cara membuka sebuah situs web dari sisi client, dimana web tersebut adalah web yang menyediakan fasilitas speedtest, baik yang menggunakan server internasional maupun server local (Indonesia).

Dalam pengujian upstream dan downstream, penulis membagi kedalam 3 waktu jam kerja, dikarenakan diperlukan pembanding waktu yang berbeda antara jam-jam tertentu. Tiga waktu tersebut ialah pukul 08.00 – 16.00 (Shift 1), 16.00-23.00 (Shift 2) dan 23.00-06.00 (Shift 3). Dalam pengujian sebenarnya, waktu yang digunakan adalah shift 3 pada pukul 03.00 WIB dengan selisih waktu 3 menit antara router slackware dan mikrotik. Berikut adalah hasil pengujian :

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil pengujian, router slackware dan router mikrotik masing-masing memiliki tingkat kecepatan yang berbeda, baik upstream maupun downstream. Router slackware memiliki kecepatan downstream yang lebih jika dibandingkan dengan router mikrotik, tetapi router mikrotik memiliki kecepatan upstream yang lebih jika dibandingkan dengan router slackware.

Sumber

Reviewer (ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA):
- Dino Aviano (1204245)
- Fajrul Malik (1202526)
- Mila Pradini Okvitasari (1200730)
- Samekto Rinekso Pribadi (1202329)

No comments:

Post a Comment

Copyright © I Am Me, This Is My Story Urang-kurai