I Am Me, This Is My Story: BERKENALAN DENGAN CLOUD COMPUTING DAN BLUEMIX

BERKENALAN DENGAN CLOUD COMPUTING DAN BLUEMIX

BERKENALAN DENGAN

CLOUD COMPUTING DAN BLUEMIX

A. Apa Itu Cloud Computing?

Sumber
Cloud computing merupakan pengembangan lebih lanjut dari penggunaan internet pada kehidupan teknologi informasi. Cloud computing secara umum dapat didefinisikan sebagai gabungan dari pemanfaatan komputer sebagai media teknologi informasi didalam suatu lingkungan jaringan yang berbasis internet sehingga dapat memiliki fungsi untuk menjalankan program-program atau aplikasi-aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada saat yang bersamaan.

Teknologi komputer berbasis cloud computing  merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan internet sebagai pusat server untuk mengelola data serta aplikasi. Teknologi ini memungkinkan para penggunanya untuk menjalankan suatu program tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu, dan juga aplikasi ini memudahkan seseorang untuk mengakses aplikasi atau data orang lain menggunakan komputer mereka melalui akses internet.

Sumber
Cloud computing terdiri dari beberapa jenis:
  1. IaaS (Infrastructure as a Service) => Pada IaaS, penyedia layanan cloud computing menyediakan sumber daya komputasi, seperti processor, memori dan storage secara tervirtualisasi, sedangkan pemilihan sistem operasi, aplikasi yang akan dipakai, serta konfigurasi lainnya sepenuhnya berada dalam kendali pengguna.
  2. Paas (Platform as a Service) => Pada PaaS, menyediakan layanan yang berupa platform, mulai dari pengaturan server secara tervirtualisasi sampai penyediaan sistem operasi, sedangkan pengguna memiliki kendali atas aplikasi-aplikasi sampai skema basis data yang akan digunakan didalam cloud computing.
  3. SaaS (Software as a Service) => Pada SaaS, penyedia layanan sudah menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan didalam cloud computing, pengguna hanya tinggal memakai saja tanpa harus mengkonfigurasi apa-apa lagi.

B. Bluemix Sebagai Terobosan IBM Dalam Dunia Cloud Computing

Sumber
IBM telah meluncurkan layanan cloud computing yang berbasis Paas, yaitu Bluemix. Bluemix merupakan layanan cloud computing yang mampu menjalankan berbagai aplikasi berbasis web. Bluemix merupakan implementasi dari Arsitektur Cloud yang dikembangkan oleh IBM. Bluemix memudahkan pengembang perangkat lunak untuk membangun, menyebarkan serta mengelola aplikasi mereka berbasis cloud computing secara lebih mudah.Engine yang digunakan pada Bluemix sendiri berbasis Cloud Foundry. Cloud Foundry sendiri merupakan sebuah PaaS (Platform as a Service) berbasis OpenSource yang dikembangkan oleh Vmware dengan bekerja sama dengan Apache License.


Sumber
Secara umum, dengan menggunakan Bluemix kita dapat menjalankan beberapa runtime seperti Java, Ruby dan Node Js. Lebih hebatnya lagi, dengan Bluemix kita juga dapat menambahkan serta menggunakan runtime tambahan yang kita perlukan.

Selain runtime, Bluemix juga menyediakan service berupa template code atau boilerplate. Boilerplate sendiri merupakan suatu bentuk dasar kodingan yang dapat dimodifikasi oleh penggunaa atau pengembang perangkat lunak untuk membangun aplikasi yang sesuai dengan keinginan mereka. Contohnya boilerplate yang tersedia didalam Bluemix adalah Node Js Web Starter, Java Web Starter, Java Cloudant Web Starter, dan lain-lain.


Untuk dapat mencobanya secara langsung, Bluemix menyediakan percobaan gratis (free trial) selama 30 hari pertama penggunaan, bisa langsung dicek disini





No comments:

Post a Comment

Copyright © I Am Me, This Is My Story Urang-kurai