I Am Me, This Is My Story: PENERAPAN ARTIFICAL INTELLIGENCE DALAM AUTONOMOUS DRIVING

PENERAPAN ARTIFICAL INTELLIGENCE DALAM AUTONOMOUS DRIVING

Sumber
Autonomous driving adalah suatu mekanisme otomatisasi sebuah kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan transportasi seperti kendaraan pada umumnya. Dengan kata lain, kendaraan yang memiliki autonomous driving adalah kendaraan yang mampu mengoperasikan dirinya sendiri sebagai sarana transportasi tanpa campur tangan manusia. Kendaraan yang memiliki autonomous driving mampu mengenali keadaan lingkungan sekitarnya lalu memproses data-data tersebut untuk menghasilkan berbagai tingkah laku kendaraan atau manuver yang perlu dilakukan kendaraan saat berada didalam lalu lintas.


Sumber
Kendaraan yang memiliki autonomous driving mengenali keadaan lingkungan sekitarnya dengan menggunakan beberapa mekanisme, seperti radar. GPS atau yang lainnya. Sistem pengendalian autonomous driving yang canggih mampu mengenali serta menentukan jalur yang cocok untuk dilalui oleh kendaraan dalam mencapai tujuan transportasi, serta mampu mengenali hambatan yang akan dilalui oleh kendaraan, seperti jalur menanjak, jalur berkelok-kelok, dan sebagainya. Beberaoa kendaraan yang memiliki autonomous driving bahkan dapat memperbaharui data peta yang telah tersimpan didalam basis data mereka berdasarkan masukkan dari sensor-sensor yang ada, seperti penambahan jalan kecil yang dilalui oleh kendaraan tersebut dimana jalan kecil biasanya tidak terlihat didalam peta elektronik.


Sumber
Autonomous driving sudah mulai diterapkan pada kendaraan-kendaraan seperti pesawat dan mobil. Sistem autonomous driving pada pesawat dinamakan Auto Pilot. Saat sistem auto pilot ini diaktifkan, pesawat akan dengan otomatis menjaga ketinggian serta kecepatan pesawat agar tetap stabil tanpa harus dikendalikan langsung oleh pilot. Auto pilot ini juga dapat memberikan saran jalur yang dapat dilalui pesawat berdasarkan peraturan penerbangan internasional. Memasuki tahun 2014, mulai banyak perusahaan yang menerapkan autonomous driving pada mobil, yang dinamakan Autonomous Car. Autonomous car mampu mengoperasikan dirinya sendiri tanpa campur tangan manusia, tetapi karena masih dalam tahap pengembangan, autonomous car ini baru mampu dioperasikan pada jalan-jalan yang kosong atau masih sepi dari kendaraan. Autonomous car juga memiliki fitur keamanan yang akan menjaga pengendaranya dari hal-hal yang tidak diinginkan, jadi walaupun autonomous car ini sedang dikendalikan langsung oleh pengendara, sistem autonomous car ini tetap berjalan, seperti sensor yang mendeteksi keberadaan kendaraan yang ada disekitar autonomous car, sensor yang mendeteksi keberadaan garis jalan agar mobil tidak berada dalam jalur yang salah, sensor yang mendeteksi keadaan pengendara (pengendara sedang mengantuk atau tidak) dan lain-lain.


Sumber
Penggunaan autonomous driving memiliki banyak keuntungan, diantaranya :
  1. Mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas
  2. Mengoptimalisasi kapasitas jalan serta mengurangi kemacetan lalu lintas
  3. Membantu penumpang agar lebih mudah dalam menentukan navigasi perjalanan
  4.  Mengurangi kebutuhan akan polisi lalu lintas dan asuransi kendaraan
  5. Mengurangi kebutuhan rambu-rambu jalan



Sumber
Autonomous driving merupakan suatu terobosan besar manusia yang akan mempermudah pencapaian kebutuhan manusia terutama dalam kebutuhan transportasi. Tetapi tetap saja, secanggih apapun teknologi AI yang diterapkan, tidak akan bisa mengganti peran manusia secara menyeluruh, karena kembali lagi kepada keadaan dimana tidak akan ada teknologi AI yang mampu melebihi seutuhnya kemampuan manusia dalam berpikir dan bertindak.






No comments:

Post a Comment

Copyright © I Am Me, This Is My Story Urang-kurai