I Am Me, This Is My Story: TUTORIAL INSTALASI DEBIAN

TUTORIAL INSTALASI DEBIAN

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial singkat tentang tata cara dalam menginstal OS Debian. Pada tutorial ini, saya menggunakan virtual box, tetapi secara keseluruhan caranya sama dengan instalasi pada drive langsung.

Langkah-langkah:
1. Pilih menu Install pada pilihan awal setelah booting installer Debian
2. Setelah itu, pilihlah bahasa yang anda gunakan
3. Setelah itu, pilihlah tempat anda tinggal, jika tidak ada, pilih saja other lalu cari negara anda berdasarkan benuanya. Jika masih tidak ada, pilihlah negara yang paling dekat dengan tempat anda tinggal. Pilihan ini juga akan menentukan zona waktu yang akan digunakan didalam OS nantinya
4. Setelah itu, pilihlah tipe template keyboard yang anda gunakan, Tipe standar pengguna komputer menggunakan template QWERTY, maka pilihlah "American English"
5. Setelah itu, tentukan nama hostname anda. Hostname digunakan untuk mengidentifikasi nama PC anda dalam sebuah jaringan, dengan kata lain, hostname berfungsi sebagai nama PC anda.
6. Setelah itu, tentukan password root anda. Password root adalah sebuah kode sandi yang digunakan untuk memasuki mode hak akses tertinggi didalam OS nantinya.
7. Setelah itu, pilihlah zona waktu yang anda gunakan
8. Setelah itu, kita akan mengkonfigurasi partisi yang akan digunakan untuk OS Debian ini, pilih "Manual" untuk mengkonfigurasi partisi agar benar-benar sesuai dengan keinginan kita
9. Dalam instalasi ini, saya menyediakan space sebanyak 9GB, maka pembagian partisi yang saya gunakan akan seperti gambar dibawah. Pembagian ukuran partisi TIDAK HARUS mengikuti konfigurasi dibawah, itu tergantung dari keinginan dan jumlah space yang anda sediakan.
10. Jika sudah yakin, maka pilih Yes agar pembagian partisi pada harddisk bisa dilakukan
11. Setelah itu, anda diminta memilih beberapa perangkat lunak yang dapat diinstal berbarengan dengan instalasi OS Debian. Dalam contoh ini saya memilih semua perangkat lunak. INGAT, semakin banyak yang anda pilih, semakin lama waktu instalasi yang dibutuhkan
12. Setelah itu, anda tinggal menunggu instalasi selesai, dan setelah itu anda akan diminta untuk reboot PC anda

13. SELAMAT, instalasi OS Debian telah selesai

SELAMAT MENCOBA







No comments:

Post a Comment

Copyright © I Am Me, This Is My Story Urang-kurai